^Kembali Ke Awal

Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi, Kalau Bukan Kitorang Siapa Lagi

Distamben Agenda

Pengumuman

Aplikasi

Video Galery

 

Silahkan Login

Menteri ESDM Bersama Dirjen Ketenagalistrikan dan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Meninjau Lokasi PLTMH Yang Berada Di Distrik Ayamaru Jaya Kabupaten Mayrat Provinsi Papua Barat Dalam Rangka Pencanagan Program Indonesia TerangGubernur Papua Barat Abraham O. Atururi (photo kiri) berjabat tangan dengan BP Regional President Asia Pacific Christina VerchereKepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua Barat dalam Acara Rapat Pembahasan KAK Transportasi LNG di Kantor Perwakilan Papua Barat di JakartaSekretaris Daerah Papua Barat Nataniel D. Mandacan Membuka Secara Resmi RAKORNIS Sektor ESDM Se-Papua BaratFoto bersama Sekda Papua Barat, Kadis ESDM Jawa Timur, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Se-Provinsi Papua Barat Serta Narasumber dari Kemendagri dan KESDM dalam Acara RAKORNIS Sektor ESDM Tahun 2016

Pabrik Semen, Percepatan Pembangunan Di Papua dan Papua Barat

Terdapatnya Sumberdaya Alam batu kapur atau dalam istilah geologi batu gamping di kabupaten manokwari adalah sebuah keuntungan tersendiri, karena batu gamping ini memiliki manfaat yang luar biasa dengan kandungan yang pas untuk bahan baku semen. Keterdapatan sumberdaya ini ibarat gula kemudian dikerumuni oleh semut,

dalam artian sumberdaya ini menjadi daya tarik bagi investor industri semen untuk melirik sumberdaya yang ada ini. Sejalan dengan itu pemerintah berkeinginan untuk meningkatkan perekonomian di manokwari dan mempercepat proses pembangunan serta menekan harga semen yang kian mahal, maka pemerintah daerah tidak mau menyia-nyiakan kesempatan yang berharga ini, sehingga ketika PT SDIC Papua Cement Indonesia atau SPCI menawarkan diri untuk dapat mengeksploitasi sumberdaya ini pemerintah pun dengan sesegera mungkin menyiapkan segala sesuatunya untuk melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik semen tersebut. Dalam proses pembangunan pabrik ini ternyata tidak semulus yang dibayangkan oleh Wang Chun Jian, pimpinan SPCI beliau mengatakan bahwa masalah utama yang dihadapi dalam pembangunan pabrik Yaitu masalah klaim kepemilikan lahan oleh warga lokal. Wang Chunjian, memastikan, proses pembangunan pabrik semen di Maruni, Distrik Manokwari Selatan, tetap berlanjut meski sempat beberapa kali mengalami tarik ulur karena belum tercapainya kesepakatan diantara keluarga besar Mansim selaku pemilik hak ulayat. Proses pembangunan pabrik semen yang berlokasi di maruni sedang berlangsung dan telah menghabiskan anggaran 360 M. dan diharapkan akan segera sel esai 16 bulan kedepan atau sekitar akhir 2016.

Lokasi Pembangunan Pabrik Semen

 

Upaya pendirian pabrik langsung ke Papua justru lebih mudah memangkas alur penyuplai semen ke Papua yang selama ini disuplai dari luar papua oleh PT Semen Gresik. Sudah saatnya Papua menikmati sumberdaya yang dimiliki untuk kemakmuran masyarakat di Papua dan Papua Barat secara khusus. Terobosan pembangunan pabrik semen ini bagian dari bagaimana memandirikan Papua dari sumberdaya yang ada di daerah ini. Cina merupakan negeri sosialis yang berhasil mencuri peluang dari globalisasi hari ini, dan investor dari cina ini memiliki komitmen yang cukup kuat untuk memajukan papua.

Gubernur Papua Barat, Abraham Oktavianus Atururi pernah mengungkapkan bahwa salah satu penyebab minimnya infrastuktur di Papua adalah mahalnya harga semen disebabkan biaya transportasi yang tinggi. Menurut pandangan BPKM, kehadiran pabrik semen di Papua merupakan salah satu pemecahan masalah dalam hal ketimpangan harga produk di bagian barat dan timur Indonesia.    

                                                                                                                                                                                              

 

 

 

 

Berita Nasional

Galery Foto

Penilaian Pengunjung

Bagaimana pendapat anda tentang website kami
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
Powered by Sexy Polling
 

Kunjungi Juga

 

 

 

Statistik Pengunjung

Hari ini209
Kemarin297
Minggu ini1033
Bulan ini6588
Total58963

IP Pengunjung: 54.204.252.37 Info Pengunjung: Unknown - Unknown Kamis, 30 Maret 2017

Sedang Online

Guests : 59 guests online Members : No members online
Copyright © 2014-2016. distambenpapuabaratprov  Rights Reserved.